Ukhti, Perawatan Oke Tabarruj No Way

Semua wanita pasti ingin terlihat cantik di mata setiap orang. Apakah kita harus mengumbar kecantikan yang kita miliki untuk orang lain? Wahai ukhti, kalian sangat cantik, oleh karena itu hiasilah kecantikanmu dengan balutan yang bisa memulihkan aurat kita. Namun, pernahkah mendengar sebuah larangan untuk tabarruj dalam berhias? Apa sebenarnya arti dari tabarruj itu? Yuk, kita simak bersama!

*_Tabarruj adalah segala bentuk perilaku wanita untuk menampakkan kecantikannya di depan lelaki lain yang bukan mahramnya_*

Allah sebutkan dalam al-Quran di surat al-Ahzab,

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى

"Hendaklah kalian (para wanita) tetap di rumah kalian dan janganlah kalian bertabarruj dan suka tabarruj orang-orang Jahiliyah yang dulu ..." (QS. Al-Ahzab: 33)

Maka simpanlah cantikmu hanya untuk yang halal melihat, dan bantulah para ikhwan untuk menjaga pandangan mereka ☺️

Lalu bagaimana untuk menjaganya :
*1. Menundukkan pandangan *
Sebagaimana telah dijelaskan dalam Alquran, seorang Muslimah yang baik hendaknya bisa menahan pandangannya, sesuai dengan firman Allah dalam QS an-Nur: 31: “Katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya.”

Perlu diketahui, perhiasan paling mahal bagi seorang Muslimah ialah rasa malu. Maka, hendaknya seorang Muslimah menjadi fitrahnya dan menundukkan pandangannya agar bisa menjaga rasa malunya.

*2. Tidak bergaul bebas dengan laki-laki *
Bergaul dengan lawan jenis tentu tidak dilarang  agama Allah SWT. Hanya saja, pergaulan tersebut harus dijaga dan dibatasi sehingga tidak menjadi interaksi yang berlebihan

*3. Mengenakan pakaian sesuai syariat Islam*
Terakhir, cobalah perempuan untuk gunakan pakaian yang sesuai dengan syariat Islam. Sebaiknya, seorang muslimah hendaknya berpenampilan yang sopan dan sederhana, baik dalam berjalan maupun dalam berbicara. Jauhilah gerakan tubuh atau ekspresi yang dapat mengundang hasrat.

Jangan sampai usaha kita untuk tampil cantik dan menarik justru akan membawa kita menuju laknat Allah SWT. Semoga kita bisa istiqomah menjadi muslimah yang lebih baik, ya

🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻🌻
_Dep. Kemuslimahan_

Comments

Popular posts from this blog

APA SIH, LDK? KENAPA HARUS LDK?

Surat Keputusan Pengurus LDK At-Tarbiyah 2018

[DAILY TAUJIH] Ketika Cinta Berbuah Surga