KENAPA HARUS BERORGANISASI


KENAPA HARUS BERORGANISASI,

KENAPA HARUS LDK AT-TARBIYAH?

            Kita semua tahu, idealnya kehidupan organisasi di kampus adalah salah satu bagian yang berperan besar dalam membentuk banyak kemampuan dalam diri seorang mahasiswa. Jika selama di bangku kelas kita hanya menemukan teman-teman sejurusan, membicarakan satu hal yang pusatnya adalah jurusan yang sedang kita jalani dan outputnya adalah menjadi seorang sarjana yang mafhum di bidang tersebut. Berbeda halnya dengan kehidupan organisasi. Di dalamnya kita kita akan menemukan materi-materi baru yang tak selamanya berupa teori. Di dalam organisasi, kita diasah untuk berkomitmen meluangkan waktu, pikiran bahkan harta. Organisasi memang tidak menjanjikan gelar sebagaimana universitas memberikannya pada jurusan yang kita tempuh. Organisasi juga tidak memberi jaminan bahwa kita akan diterima pada sebuah pekerjaan yang kita idamkan di masa depan.

            Namun satu hal yang perlu kita pahami ialah, organisasi menjadi tempat paling strategis untuk kita tumbuh. Mulai dari tunas-tunas kecil di awal yang terus dipupuk melalui berbagai kegiatan dan kepanitian. Perlahan, kita tumbuh di dalamnya. Melalui pikiran, tenaga dan waktu yang kita sisihkan. Perlahan tapi pasti, melalui kontribusi aktif yang terus kita kerahkan. Dengan sendirinya organisasi menjadi tanah terbaik untuk menumbuhkan manusia yang kokoh. Serupa pohon yang tak mudah patah dengan hiruk pikuk angin, tak mudah layu meski kemarau berkepanjangan dan tentu tak mudah rubuh sekalipun banyak badai dan orang-orang yang ingin menebangnya.

            Kita tentu menemukan banyak sekali organisasi yang ‘diobral’ di setiap sudut kampus. Barangkali semakin banyak pilihan, justru kita semakin bingung dalam memilih, bukan? Selain dari kecenderungan kita terhadap suatu hal, bukankah pilihan terbaik juga selalu datang dari  hati kecil kita? Lantas siapa yang mampu menggerakkan hati dan langkah kita selain pemilik hati?

Kepada para aktivis dakwah kampus, yang telah lama berproses pun yang baru saja bergabung dalam lingkaran ini. Percayalah, bahwa hal-hal berbau ke-ldkan yang memenuhi ruang-ruang kosong di aplikasi whatsappmu, adalah  bagian dari sebuah langkah dan keputusan terbaik yang pernah kau ambil. Kita sepakat bahwa organisasi menjadi sebuah wadah untuk tumbuh menjadi manusia yang kokoh. Maka sudah seharusnya, kita mulai memberi perhatian lebih padanya. Setidaknya berusaha untuk menyelaraskan aktivitas perkuliahan dan organisai yang telah kita pilih.

Di dalam organisasi bernama Lembaga dakwah kampus ini, khususnya LDK At-Tarbiyah. Kita akan bertemu dengan banyak hal-hal baru. Beberapa hal yang barangkali asing, namun begitu kita rindukan. Sebuah bentuk kerinduan terhadap fitrah diri kita sendiri. Di dalamnya kita akan bertemu dengan banyak suplemen-suplemen kerohanian. Memang kita tidak dapat meminum semuanya sekaligus. Tapi perlahan, melalui waktu yang kita luangkan untuknya. Suplemen itu akan teraktivasi menjadi energi besar untuk melanjutkan kehidupan kita di perkuliahan, bahkan setelahnya.

Jangan pernah takut untuk melangkah, karena satu langkah kecil akan menjadi anak-anak tangga yang membawa kita pada sebuah hal besar. Percayalah, sesulit apapun langkah yang akan kita tempuh, akan selalu ada dekapan hangat yang siap merangkul. Karena hati kita, telah berpadu menjadi sebuah ikatan yang kuat. Dibangun dengan niat tulus untuk senantiasa meneruskan risalah rasulNya. Kita memang berasal dari masa lalu yang berbeda, namun bukankah masa depan gemilang yang kita harapkan masih sama? Mari meniti tangga-tangganya, karena kita tak pernah tahu apa yang telah menanti di depan sana.

Tetaplah bertahan di dalamnya sekeras apapun tanah yang kau jejaki. Karena di atasnya kau akan tetap tumbuh melalui pupuk terbaik dan air segar yang akan terus mengalirimu. Walau terkadang angin kecil masih saja menganggu pertumbuhanmu, atau kemarau panjang megurangi asupan airmu. Kau akan tetap tumbuh di dalamnya, hingga kelak menjadi pohon yang kokoh. Karena Allah selalu bersamamu, memastikan bahwa kau masih dan akan terus kuat selama berada di dalam jalanNya.

-
Hilwa Fitri

Comments

Popular posts from this blog

APA SIH, LDK? KENAPA HARUS LDK?

Surat Keputusan Pengurus LDK At-Tarbiyah 2018

[DAILY TAUJIH] Ketika Cinta Berbuah Surga