Perjuangan Seorang Wanita Parubaya



Ketika Usia tak Menjadi Penghalang dalam Beramal

Membuka Program Tpq Sampai Berangkat Umroh Gratis
“Dia berjalan dalam kecantikan, bagai malam tak berawan dan penuh bintang. Segala kebaikan dari gelap dan terang terpancar indah pada sosok dan sinar matanya: menyeruakkan kasih sayang penuh kedamaian dalam kecerahan hari yang sungguh tak mampu terbantahkan”
(Lord George Byron, Penyair Dari Inggris 1788-1824)

       Usianya tak lagi muda, wajahnya sudah mulai dipenuhi kerutan, jalannya pun tidak setegap dulu. Wajar, usianya sudah 68 tahun. Satu yang menjadi kecantikan abadinya, kebaikan. Nenek yang akrab dipanggil Umi Bambang ini berasal dari Padang Sumatera Barat, meski usianya sudah tua namun semangatnya patut diacungi jempol. Membuka program TPQ untuk anak-anak kurang mampu menggambarkan sosoknya yang kuat layaknya pemuda millennial jaman sekarang.

     Terhitung sudah hampir 33 tahun TPQ thalabul Haq didirikan sejak 1986. Kisahnya sederhana, hanya bermodalkan roti untuk membujuk anak-anak, umi bambang mampu menarik simpati mereka agar mau mengaji. Awalnya hanya sedikit anak yang mau, namun berkat kegigihannya terhitung kini ada sekitar 60 anak dan 8-10 guru ngaji. 

    Awalnya umi bingung dari mana modal roti itu diperoleh agar anak-anak tetap mau mengaji. Cukup kewalahan jika harus mengeluarkan biaya setiap hari. Satu kata yang diuucapkan saat saya Tanya “kalo kita nolong agama Allah maka Allah bakal nolong kita juga” ujarnya.
Nama Thalabul Haq dalam bahasa Arab berarti Mencari Kebenaran, artinya bahwa TPQ ini  layaknya sebuah jembatan bagi mereka yang ingin mencari jalan kebenaran. Nama ini diperoleh dari seorang mahasiswa UIN Malang yang pernah mengajar disana.

     Ada hal lain yang menarik dari kisah hidupnya. Tahun ini umi diberangkatkan umroh oleh donatur. Sesuatu yang tidak pernah di bayangkan sebelumnya, mampu mencium tanah suci tanpa bersusah payah mengeluarkan banyak uang. Umi hanya perlu mengurus pembuatan paspor saja. selebihnya, Gratis! Bahagiannya tentu bukan main. Bagaimana tidak, sekarang untuk berangkat umroh harus merogoh kocek sekitar 25 juta.

    Sejak membuka TPQ rejeki mengalir dari pintu mana saja. terlebih dengan adanya bantuan donatur, umi seolah menjadi perantara bagi mereka untuk membantu anak-anak kurang mampu. Menurutnya semua hal ini dilakukan adalah sebagai bekal untuk untuk akhiratnya kelak.

#TPQThalabulHaq 
#LDKAt-Tarbiyah
#UINMalikiMalang
#SantunBerdakwah
#KuatBerukhuwah
#ALLAHUAKBAR
#1440Hijriah

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

APA SIH, LDK? KENAPA HARUS LDK?

Surat Keputusan Pengurus LDK At-Tarbiyah 2018

MASJID KAMPUS, KEKUATAN RAKSASA MEMBANGUN BANGSA*