APA ARTI DARI SEBUAH KEHILANGAN..


Kehilangan, kata yang sudah tidak asing lagi di dengar oleh telinga manusia, berbagai macam kejadian yang mengekspresikan kata kehilangan itu, seseorang ustadz, pernah bilang ekspresi rasa kehilangan seseorang itu sangat tergantung dengan ketauhidannya.
Pernahkan anda kehilangan sesuatu? Entah itu kehilangan makhluk hidup atau makhluk mati? Jika pernah, rasa apa yang pertama kali anda ekspresikan? mayoritas orang-orang jika kehilangan, pasti merasakan kesedihan.
Tapi, ada rasa lain yang lebih penting daripada itu, rasa itu  yang harus kita tanamkan dalam diri kita, bahwa apapun yang kita miliki di dunia ini, entah itu tubuh kita sendiri, keluarga kita, barang-barang yang kita cintai, semuanya. Sesungguhnya, milik sang Pencipta, Allah lah yang memberikan semua itu dan yang mengambil semua itu, Allah lah yang mengatur segala prosesnya,dan Allah yang berkuasa atas Segalanya.
Rasa Kepercayaan kita pada Nya, ialah sebagai wujud atas ketauhidannya, seberapa besar kita percaya akan kehendaqNya, entah apapun itu, kesedihan, kehilangan, kebahagiaan atau apapun. Kita harus bisa menerima dan mempercayai kalau segala keputusan Nya, ialah Yang terbaik dari yang baik-baik.
Terkadang, kita amat sering membalik-balikkan Prioritas tingkatan Cinta kita, yang benar harusnya, tingkatan cinta yang pertama ialah kepada Allah, lalu Rasululah, Orang Mukmin, Orang Muslim, Manusia, dan Materi (Benda). Tetapi kita sering lebih mencintai barang yang kita miliki, daripada Tuhan yang memiliki tubuh ini.
Sadarkah? Begitu banyak kejutan yang Allah berikan untuk kita, termasuk kehilangan yang sebenarnya memberikan arti penting untuk hidup ini, terkadang dari sebuah kehilangan, kita belajar bagaimana caranya Bersabar, bagaimana caranya ikhlas, bagaimana cara mensyukuri apa yang kita miliki sekarang, bagaimana cara menjaga apa yang Allah berikan, dan berbagai macam hal yang terkadang tidak kita sadari.
Untuk itu, apapun yang Allah berikan pada kita, kita harus menerima segala keputusan Nya, karena yang wajib kita percaya ialah Allah selalu memberikan yang terbaik untuk hidup kita.

by Ade Sofiarani, TI '13

Comments

Popular posts from this blog

APA SIH, LDK? KENAPA HARUS LDK?

Surat Keputusan Pengurus LDK At-Tarbiyah 2018

[DAILY TAUJIH] Ketika Cinta Berbuah Surga