Kekuatan Dan Semangat Sang Peubah Dunia

Ingin berproses di dalam organisasi seperti ini yang berkiprah di badang dakwah adalah tujuan utama saya masuk LDK At-Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Hari pertama tepatnya jum’at, 7 November 2014 direncanakan diklat Matra One untuk anggota baru LDK. Walaupun sempat diguyur hujan waktu berangkat ke tempat diklat. Hal itu tidak membasahi semangat saya dan teman-teman untuk selalu istiqamah mengikuti kegiatan dakwah ini.
Berhubung tempat diklatnya itu di Aula Pasca Sarjana, saya dan teman-teman harus naik turun lif untuk mengikuti materi-materi luar biasa yang disuguhkan. Sungguh, saya sangat bersyukur bisa kuliah di Malang, paling tidak saya tau bagaimana cara naik lift, Benda yang naik turun seperti itu di Kampung saya juga ada, Tapi namanya timba sumur. Heheheheh
Sewaktu disana saya banyak mendapat pengalaman dan pengetahuan dari materi-materi yang disampaikan oleh orang-orang yang saya pikir sangat luar biasa, yakni diantaranya pada hari pertama, Tentang  Makna Syahadatin (dua kalimat syahadat)
Adapun makna syahadat, diantaranya: Untuk masuk islam, Ringkasan (intisari) syariat islam, Hakikat dakwah para rasul, Titik tolak perubahan, dan Sangat besar pahalanya, bahkan ada dalil yang menjelaskan barang siapa meninggal dunia dengan mengucapkan dua kalimat syahadat niscaya ia masuk syurga.
Di hari selanjutnya, tak kalah serunya materi Tentang  Syumuliatul Islam. syumuliatul islam artinya universalitas atau kesempurnaan dalam Islam. Kita tahu bahwa Islam bukan hanya mengajarkan bagaimana itu Ibadah, bagaimana kegiatan-kegiatan spiritualitas lainnya, islam tidak hanya itu. Akan tetapi islam membahas bagaimana cara kita hidup dan bagaimana cara kita mengelola kahidupan ini.
Islam adalah agama yang universal/integral/menyeluruh atau agama yang syamil meliputi beberapa aspek, yakni segi masa, segi sistem atau tatanan, dan segi tempat.
Tempat istirahat yang baik dan Makanan yang enak-enak menemani kegiatan saya dan teman-teman di matra one. Hal ini yang membuat kami selalu semangat dalam mengikuti rangkaian acara didalamnya. Bertepatan dengan itu, kali ini kita mendepatkan materi yang betul-betul mengupas semangat kami. Yakni materi yang berkaitan dengan Islam, pemuda dan perubahan.
Kita tahu generasi muda adalah cerminan masa depan suatu bangsa. Kita sering mendengar nasehat dari para orang tua kita, cadilah pemuda yang masih muda jangan jadi pemuda yang memilki kekuatan dan semangat seperti kami parang orang tua, jika saat ini kamu memiliki semangat seperti iyu, bagaimana jika nanti kamu sudah tua.
Mengikuti kegiatan matra one. Saya sebagai pemuda juga dituntut untuk memperhatikan Problematika umat kontemporer, masalah masalah yang telah menimpa umat saat ini.
Pemuda adalah sumber potensi. Walupun begitu pemuda saat ini memilki banyak masalah, yankni masalah kreativitas, masalah kriminalitas, maupun masalah moralitas. Sungguh, masalah didatangkan oleh ALLAH bukan untuk kita jauhi, bukan untuk kita hindari, akan tetapi masalah itu harus kita taklukan dan harus kita hadapi.
Dalam materi itu, saya juga diajarkan bagaimana urgensi dakwah kampus dan tarbiyah yang berkelanjutan.
Kata mereka mahasiswa itu: ,Emosional, Serba instan (terburu-buru), Tidak bias diatur, Suka eksis, Merasa paling benar, Ingin serba berbeda, Tidak mau mengalah, Mengikuti tren, Suka berbahasa gaul, dan Ikut-ikutan. Mungkin saya juga termasuk yang disebutkan itu. Heheheee
Tapi, Bisa nggak mahasiswa itu: Kalem, cool, tapi puinterrr, Gaul tapi syar’I (gaul tapi soleh), Punya prestasi, Belajar menghasilkan uang sendiri maupun sedikit, Rendah hati. Sederhana tapi disukai banyak orang, dan rajin sholat dhuha dan qiyamul lail meskipun ga ada yang lihat.
Materi yang tak kalah seru selanjutnya, Tentang Konsep diri. Kita harus Memahami kodrat dan sadar akan keberadaan sang pencipta adalah Segalanya. Bacalah. Perintah yang allah turunkan pertama, kita disuruh membaca keadaan dunia ini dan mengambil pelajarn darinya
Kita harus sadar kita hidup dimana dan untuk apa ? Tentang Konsep diri. Ketika kita mengetahui akan diri anda, disitulah kehidupan sesungguhnya. Target, mimpi adalah pintu awal untuk menyadarkan anda.
Di hari terakhir, sebagai penutup saya dan teman-teman mendapat materi untuk pembekalan kita di bidang keorganisasian. Yakni tentang ke-LDK-an. Dari materi itu kita mendapat Perintah berdakwah diantaranya:
Allah S.W.T. berfirman:
“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung”(Qs. Ali’imran: 104)

Dakwah kampus: intelektualitas dan profesionalitas
Adapun tujuan LDK: Menyediakan suplai alumni yang berkonsekwensi terhadap islam, dan optimalisasi peran kampus dalam mentransformasi masyarakat manuju masyarakat islam.
Itulah bebeapa materi yang saya dan teman-teman dapatkan saat diklat Matra One, pastinya dapat menumbuhkan semangat berdakwah kami.walaupun kami dari jurusan yang berbeda, dengan keahlian yang berbeda pula. Ada yang memiliki keahlian di bidang desain grafis untuk berdakwah, ada yang memilki keahlian di bidang menulis untuk berdakwah, saya yakin perbedaan-perbedaan itu akan menumbuhkan kekuatan yang besar.

Sekian dan terima kasih.
Salam sukses untuk kita semua…….

By Zulkarnain B. Hi Husen

Comments

Popular posts from this blog

APA SIH, LDK? KENAPA HARUS LDK?

Surat Keputusan Pengurus LDK At-Tarbiyah 2018

[DAILY TAUJIH] Ketika Cinta Berbuah Surga