Selamat Datang Mahasiswa Baru


      Ahlan wa Sahlan di Kampus Hijau!!
      Ahlan wa Sahlan di kampus hijau muda Universitas Islam Negeri Malang. Sebuah kampus yang sarat dengan nilai-nilai religiusitas, sebuah kampus yang akan terus mengembangkan ilmu sains & ilmu agama menuju kemanfaatan bagi masyarakat pada umumnya.
      Dari sekian puluh juta pemuda Indonesia, tidak ada angka 4 % nya yang bisa mengenyam bangku pendidikan, khususnya di perguruan tinggi.
       Menjadi mahasiswa adalah impian setiap orang yang ingin berada dalam barisan depan sebuah perbaikan bangsa. Maka dari itu, kamu adalah generasi yang beruntung mendapatkan sebuah kesempatan emas yang tidak bisa didapatkan oleh semua orang. Trus, mesti ngapain setelah bisa kuliah? What next??...
     1. Rumuskan Tujuan Awal
Banyak orang yang terkadang melangkah tanpa tujuan, hal ini sederhana, tapi vital. Bayangkan, bagaimana dia akan men-capai impiannya sedangkan dia sendiri nggak punya tujuan? So, luruskan dulu niatmu sebelum melangkah lebih jauh!
     2. Bersahabatlah dengan lingkungan barumu
        Kampus baru, asrama baru, teman baru, dosen baru. Siapa yang nggak kaget? Ups…tapi jangan kelamaan, cepatlah men-sesuaikan diri dengan lingkungan barumu. Kawan, tidak sela-manya hal baru itu buruk buat kamu. Terkadang, sangat perlu untuk mempelajari hal-hal baru agar kamu bisa belajar dari semua itu. Kenali karakter yang ada di sekitarmu. Jika kamu menganggap itu adalah ancaman, maka jangan dijadikan seba-gai ancaman, tapi jadikanlah sebuah peluang yang bisa meng-antarkan kamu menuju hal yang lebih baik dari sebelumnya.
      3. Jangan jadi mahasiswa biasa
        Jauh-jauh ke Malang jangan hanya jadi mahasiswa biasa. Mahasiswa adalah agent of change, seorang sosok generasi perubah, generasi pembangun, dari ke-terpurukan menuju sebuah kebaikan per-adaban. Saat ini, bukan saatnya lagi untuk terus jadi anak mama dan berdiam diri dengan kondisi masyarakat sekitar kita. Prinsip Tri Dharma Perguruan Tinggi juga mencakup bagaimana mahasiswa dapat memberikan kontribusi positif tuk membangun bangsanya. Mahasiswa juga dituntut untuk bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar, apalagi kamu-kamu adalah calon ulama' yang akan terjun ke masyarakat. Banyak hal yang bisa meng-antarkan kamu menjadi mahasiswa yang aktif; mulai aktif berorganisasi sampai di kegiatan yang bersifat kerohanian yang salah satunya adalah di LDK (Lembaga Dakwah Kampus) di Universitas ini.
       Selagi masih banyak kesempatan tuk berbuat yang terbaik, maka lakukan itu, jangan menunggu hari esok. Jadikanlah dirimu "Mahasiswa Plus" yang bisa ber-buat yang terbaik bagi masyarakat sekitar, bukan "Mahasiswa Biasa" yang selalu sibuk dengan tugas kuliahnya saja, hingga tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Jadilah mahasiswa yang tidak hanya sekedar kritis, tapi juga solutif. Bukan hanya pintar, tapi juga bermanfaat.
        Moga kita bisa menjadi mahasiswa plus seperti apa yang termaktub di atas tadi.

By. Ahmad Al-Kayyis

Comments

Popular posts from this blog

APA SIH, LDK? KENAPA HARUS LDK?

Surat Keputusan Pengurus LDK At-Tarbiyah 2018

[DAILY TAUJIH] Ketika Cinta Berbuah Surga