Sedih



Rasa sedih membuat kita memfokuskan diri pada kesedihan itu. Inginnya hanya duduk-duduk sendiri sambil melamun dan menyesali apa yang telah terjadi. Kalau itu dituruti, hal ini bisa berkepanjangan. Hidup kita terasa makin suram dan tidak ada lagi syukur kita kepada Allah.
Cara mengatasinya:
-    Curhat. Kesedihan itu jangan disimpan sendiri. Carilah orang yang bisa diajak berbagi dan bisa menaruh empati pada penderitaan kita. Katakan apa yang ada di hati. Bersama orang yang mengerti kita, kita bisa merasa lebih baik.
-    Lakukan aktivitas lainnya. Jangan habiskan waktu hanya untuk melamun. Lakukan aktivitas yang selama ini ingin kita selesaikan. Konsentrasi kita akan beralih ke aktivitas itu.
-    Luaskan pandangan. Jangan melihat kesedihan kita saja. Lihatlah juga kesedihan yang dialami oleh orang lain. Mungkin, mereka lebih berat cobaan-nya dari penderitaan kita.
-    Merenungkan hikmahnya. Kalau hati kita sudah baikan, cobalah mencari hikmah dari kesedihan yang kita alami.
-    Bersabarlah. Disela-sela keseharian kita, ingatan tentang kesedihan yang kita alami ini kerap muncul. Jangan panic. Segeralah melakukan sesuatu.
-    Minta kekuatan. Jangan menyalahkan Tuhan. Justru pada saat-saat merasa berat, mintalah kekuatan dari-Nya.

Insya Allah, akan refresh hidup kita!    

Comments

Popular posts from this blog

APA SIH, LDK? KENAPA HARUS LDK?

Surat Keputusan Pengurus LDK At-Tarbiyah 2018

[DAILY TAUJIH] Ketika Cinta Berbuah Surga